Senin, 05 Oktober 2009

Warisan di bidang Keteknikan

1. Bidang Penerbangan
- Penemuan Parasut
Pada tahun 852 M, Abbas Qasim Ibnu Firnas atau Armen Firman dari Andalusia menemukan parasut yang tercatat sebagai penemuan parasut yang pertama. Parasut ini dipakai meluncur dari sebuah kubah di cordoba dan ia mendarat dengan selamat.
- Hang glider ( pesawat terbang tanpa mesin)
Setelah berhasil dengan parasutnya, Ibnu Firnas lanjut pada percobaan berikutnya yaitu membuat Hang glider yakni, pesawat terbang tanpa mesin yang dioperasikan dengan meluncur pada ketinggian tertentu.
Menurut Phillip Hitti dalam bukunya, History Of The Arabs, ”Ibnu Firnas adalah orang pertama di dalam sejarah yang menggunakan teknologi untuk terbang”.
Sedangkan menurut Dr. Kasem Ajram dalam bukunya : The Miracle Of Islamic Science, “Ibnu Firnas berasal dari Spanyol muslim adalah seorang insyinyur yang telah melakukan percobaan terbang pada tahun 800-an M. Roger Bacon kemudian mempelajari alat terbang ini melalui naskah-naskah berbahasa arab karya Ibnu Firnas dan kemudian disebutkan bahwa ini adalah karya Bacon padahal bacon baru mempelajarinya 500 tahun setelah Ibnu Firnas.
- sayap buatan
Menurut catatan sejarahwan Evliya Celebi, aviator pertama yang berhasil terbang dengan sayap buatan adalah Hezarfen Ahmet Celebi antara tahun 1630-1637 di Bosphorus, Istanbul.
- Pesawat Bertenaga Roket
Dalam buku Seyahatname yang ditulis Evliya celebi, disebutkan pula bahwa pada abad 17 M, di Istanbul telah dilakukan penerbangan kendaraan bertenaga roket.
Ialah Lagari hasan celebi, saudara dari hezarfen Ahmet celebi, yang melakukan atraksi ini dengan mengunakan pesawatnya yang berbentuk tabung kerucut dan diisi dengan bubuk mesiu. Pertunjukan ini dilakukan untuk memperingati kelahiran putrid Sultan Murad IV tahun 1633. Konon ia berhasil mencapai ketinggian terang 300 meter selama 20 detik dan mendarat dengan selamat di sebuah kolam. Atas pretasi ini, Lagari kemudian diangkat oleh Sang sultan untuk menempati posisi sebagai pejabat militer di jajaran angkatan darat kesultanan Turki.

2. Peralatan astronomi
Walaupun Hipparcus disebut-sebut sebagai penemu astrolabe di abad 2 SM, namun ilmuan-ilmuan muslim telah mengembangkan temuan Hipparcus ini menjadi berbagai macam astrolabe seperti astrolab mekanis, orthrographical astrolabe, spherical astrolabe, linear astrolabe, dan saphaea yang digunakan untuk menentukan arah kiblat.

- Astrolabe kuningan
Ilmuan muslim yang pertama kali membuat Astrolab adalah al-Fazari yakni pada tahun 315 H (antara 927 sampai 928 M) yang digunakan untuk menghitung ketinggian matahari dan fixed star(…). Sementara itu di Andalusia Spanyol astrolab pertama kali diperkenalkan oleh Arzachel, yakni astrolabe yang
- Astrolab linear
-Astrolab mekanis
- orthographical astrolabe
- Spherical astrolabe
- Globe
- Equatorium
- Quadrant
- Saphaea
- Sextant
- Kamera : pinhole camera, camera obscura
3. Bahan-bahan kimia
- Destilasi alcohol
- kerosin
- berbagai asam
- bahan kebersihan dan kosmetik
- sabun batangan
- parfum
- shampo
- minuman
- Minuman ringan
- pulpen
- produksi kaca
- kaca mata
- cermin kaca
- cermin berbentuk parabol
4. Bidang militer
- Bubuk mesiu
- kanon dan balistik
-counterweight trebuchet
- peledak dan granat
- senjata api
- torpedo
- meriam
-rifle
-incendiary devices
- bom
- panah api
5. Peralatan laboratorium
- Pengukur kerucut
- Hidrostatic balance
- botol laboratorium
-pycnometer
-timbangan gantung
6. Peralatan mekanis
- alat-alat pertanian
- engkol dan batang penghubung
- jam mekanis
- noria dan flywheel
- robot manusia terprogram
-roda gigi
-robot urung yang bisa bernyanyi
-Turbin uap
- jam
- kincir angin
- Lampu gantung

Komponen pendukung :
- Katup
- Float valve
- Kunci kombinasi
- Mesin pencuci tangan
- Laminating kayu
- Pencetakan logam dengan kotakpencetak dan green sand
- Pengukur detak nadi
- Roda air dengan cam (penghubung) pada porosnya
- Pompa air
- Belanga dan panic untuk pembuatan anggur
- Peralatan music
8. Metode Pengobatan :
- Obat bius
- Antiseptik
- Alkohol
- Plester
- Metode pembedahan trasektomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar